Hunting Foto di Taman Bunga Nusantara

Assalamu'alaikum Wr. Wb.


Kembali lagi dengan saya pemiliki blog yang ga terlalu rame ini, hahaha  ..  Apa kabarnya yah sobat semua?Ya saya do'a kan semoga sehat selalu, Aamiin Ya Robbal'alamin

Bicara masalah teknologi nih sobat, di jaman super canggih seperti sekarang ini sepertinya teknologi itu sudah menjadi sahabat kita sehari-hari yah.. Mulai bangun dari bangun tidur saja, kita dibangunkan oleh alarm jam/hp. Untuk mempersempit bahasan, kali ini saya ingin mengajak obrolan ke dunia Teknologi Fotografi. Ya kata fotografi pun sudah tak awam lagi bagi kita semua. Sebetulnya fotografi sendiri itu menurut saya terdiri dari 2 gabungan hal pokok didalamnya yaitu seni dan teknologi, dimana kita dituntut untuk mengeksplor seni pengambilan gambar dengan media kamera.

Kamera yang digunakan pun beragam jenis dan tipe nya sesuai dengan kebutuhan dan tingkat kemampuan kita dalam menggunakannya. Sepertinya kita tidak perlu membahas rinci, kamera apa saja yang pernah ada dan digunakan dalam seni fotografi ini, karena saya akan share beberapa karya seni fotografi yang saya tekuni sendiri.

Sewaktu libur lebaran 2014 kemarin, saya sengaja mencari tempat-tempat yang bagus untuk dijadikan objek dan background foto saya, biasa orang menyebutnya hunting photo with someone. Kalau menurut saya sih, Photo nya lebih ke background dan someone nya itu adalah objek penyempurna dari backgground tersebut. Di kesempatan pertama, saya memilih tempat wisata Taman Bunga Nusantara yang ada di Cipanas, Jawabarat. Dan saya menggunakan kamera Nikon D3000 dengan mode "Manual" (no Auto), agar seni dan teknik pengambilannya benar-benar menunjukkan skill sebagai seorang fotografer meskipun pemula, hehe
Ini Penampakan Foto nya :
foto+dslr+merk+nikon+di+taman+bunga+nusantara+hunting+foto
Gambar ini saya ambil di dalam Taman bunga bagian depannya. Saya mengambil sudut perspektif dari kolam yang semakin menjauh dan menurun.

foto+dslr+merk+nikon+di+taman+bunga+nusantara+hunting+foto 
foto+dslr+merk+nikon+di+taman+bunga+nusantara+hunting+foto
Kedua gambar diatas adalah cara mengambil gambar dengan teknik makro, yaitu lensa didekatkan dengan objek yang dituju dan memberikan fokus yang lebih terhadap objek tersebut serta akan menghasilkan efek blur terhadap objek sekitar dan backgroundnya.

foto+dslr+merk+nikon+di+taman+bunga+nusantara+hunting+foto+dede+kiki
Gambar diatas saya mengambilnya dengan jarak yang lumayan jauh dari objek, sekitar 5-7 meter dan memfokuskan terhadap objek yang terkena cahaya matahari yang lebih banyak, serta mengambil sedikit pantulan bayangan yang ada di air. (objek sengaja berada di bawah sinar matahari, agar fokus terhadap objek tidak kabur)

foto+dslr+merk+nikon+di+taman+bunga+nusantara+hunting+foto+dede+kiki

foto+dslr+merk+nikon+di+taman+bunga+nusantara+hunting+foto+dede+kiki
Kalau dua gambar diatas, saya ambil dari jarak sekitar 1 meter dari objek dan difokuskan terhadap objek, meskipun background terlihat blur tetapi saya fokuskan terhadap cahaya yang ada pada bunga dan sekitarnya agar lebih hidup. 

Kesemua gambar tersebut, tidak satupun saya menggunakan mode auto apapun pada kamera DSLR nya. Karena percuma mempunya kamera DSLR, jika hanya mengandalkan mode auto saat mencari gambar, sama saja dengan memakai camdig / kamera digital biasa. 
Pesan saya terhadap para owner DSLR apapun merk dan tipenya yang baru belajar memakainya, selalu belajar dalam menggunakan mode m (manual) agar seni dan teknologinya lebih terasa, karena hasilnya pun akan jelas berbeda.
Demikian hunting photonya di Taman Bunga Nusantara Cipanas, Jawabarat.
Terimakasih telah sudi datang disini sobat semua, Wassalamu'alaikum Wr. Wb

Comments

  1. hai ..


    aku mau tanya dong untuk sesi potret / hunting di taman bunga nusantara itu di kenakan charge atau tidak


    terimakasih

    ReplyDelete
  2. hai juga,, terimakasih udah mampir.. masuk sperti biasa kok bayar tiket masuk..dan kalo mau hunting foto bebas gada charge lagi..

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Masjid Raya Asmaul Husna Gading Serpong

Software Pendukung Untuk Belajar Pemrograman Java